Gadget

Perbedaan Qualcomm dan Mediatek, Qualcomm Menang?

Kompetisi chipset di ranah handphone dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek. Qualcomm dengan Snapdragon jadi chipset yang terpopuler dipakai dalam dunia untuk sekarang ini.

Kecuali ke-2 nya, chipset yang lain terkenal ialah Exynos dari Samsung dan Huawei dengan Kirin. Tetapi ke-2 nya dipandang terbatas pada piranti tertentu.

Untuk Exynos, umumnya chipset ini biasanya dipakai dalam produk Samsung. Sedang Kirin dapat disebut sebagai chipset paling baik untuk sekarang ini, tetapi ada limitasi dari Google dan Android membuat Kirin cuman dipakai dalam produk Huawei.

Snapdragon dan MediaTek mempunyai keunggulan dan kelebihan semasing. Tetapi mana yang lebih bagus?
Berikut perbedaan chipset Snapdragon dan MediaTek dalam pasar handphone, diambil dari Gizchina

Kelas Menengah (Mid Range)

Chipset bikinan MediaTek jadi yang paling menguasai di kelas ini, terutamanya untuk mode MediaTek Helio G. Salah satunya yang terkenal ialah Helio G90T yang dikeluarkan pada Redmi Catatan 8 Pro. Chipset ini sanggup memberi performa terbaik sampai 60 frame per detik di games PUBG Mobile.

Kecuali HelioG90T, ada pula Helio G80 dan Helio G85. Sedang kompetitornya mempunyai mode Snapdragon 720G, 720G, dan 662. Chipset tersebut kalah atas Helio untuk perform, tetapi pada keproduktifan Snapdragon masih unggul.

Bila pemakai memang konsentrasi pada handphone gaming kelas menengah, karena itu Helio G-series menjadi opsi. Tetapi bila hp dipakai untuk keperluan setiap hari, seperti melihat video atau sosial media, karena itu Snapdragon 765G menjadi opsi.

Flagship

Untuk hp mode flagship, seri Snapdragon 800 jadi terpopuler untuk sekarang ini. Processor paling akhir, Snapdragon 865 menempati rangking atas di bawah chipset Kirin 9000. Qualcomm barusan umumkan Snapdragon 888 yang digadang-gadang jadi chipset terbaik untuk tahun 2021.

Di lain sisi, MediaTek belum mempunyai chipset oke untuk kelas favorit. Chipset tertinggi, MediaTek Dimensity 1000 kalah unggul dibandingkan Snapdragon 865.

Walau demikian, MediaTek akan keluarkan chipset unggulannya untuk 2021. Chipset terkini ini akan memberikan dukungan konektivitas 5G. Tidak dapat ditegaskan kapan chipset itu akan ada, tetapi berita chipset unggulan ini perlu ditunggukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *