Artikel Bisnis Gadget

Mengenal mobil listrik Tesla

Pada era 21 ini perubahan mobil listrik sangat cepat. Salah satunya merk mobil listrik adalah Tesla Inc. Perusahaan mobil listrik ini populer dengan feature multifungsi dan modernnya.

Semua keberhasilan itu tidak dilewati dengan gampang, berikut riwayat dari Tesla Inc, dari awalnya berdiri sampai saat ini

Riwayat Awalnya Tesla
Tesla Inc sebuah perusahaan yang dibangun oleh Martin Eberhard (CEO) dan Marc Tarpenning (CFO) di San Carlos, California pada 2003. Awalannya perusahaan ini namanya Tesla Motors dan baru beralih menjadi Tesla Inc pada 2017.

Nama Tesla diambil dari periset populer akan penemuan tehnologi listriknya pada era 19 yakni Nikola Tesla. Elon Musk (CEO Saat ini) baru masuk Tesla pada 2004 sesudah melakukan investasi sebesar $30 Juta dan jadikan Elon Musk sebagai Chairman dari perusahaan mobil listrik ini.

Martin Eberhard dan Marc Tarpenning inginkan ide mobil listrik sports. Pada 2006 mereka melaunching prototipe untuk mobil tesla yang namanya Tesla Roadster.

Pengubahan mekanisme dalam Perusahaan Tesla

Pada 2007 Martin Eberhard memundurkan diri sebagai CEO namun dia masih jadi anggota dari Tesla Motors. Dia diganti pertama kalinya oleh Michael Marks, seorang investor Tesla yang memegang sebagai CEO sementara dan Ze’ev Drori menggantikan sebagai alternatif tetap Eberhard pada November.

Ze’ev Drori mengganti ide Tesla Roadster dari prototipe jadi produk yang pantas untuk dipasarkan. Drori adalah orang dibalik kesuksesannya penyeluncuran Tesla Roadster pada 2008. Mobil Tesla Roadster ini dapat meluncur sampai 402 km dalam sekali cas dengan waktu pengecasan 24-46 jam.

Tetapi, tidak lama saat sebelum Tesla Motors mengeluarkan mobil pertama kalinya (Tesla Roadster). Pendiri Tesla Motors, Martin Eberhard dan Marc Tarpenning tinggalkan Tesla Motors seutuhnya. Kemudian baru Elon Musk menggantikan perusahaan sebagai CEO pada 2008.

Kontroversipun terjadi saat mundurnya Martin Eberhard dan Marc Tarpenning dari Tesla Motors. Mereka berbicara jika mereka diminta untuk keluar dari perusahaan yang mereka dirikan oleh Elon Musk. Pada 2009 mereka menuntut Elon Musk atas bermacam permasalahan.

Bertahan di dalam Zaman Kekinian

Walau mengeluarkan Roadster, pada 2009 Tesla hadapi permasalahan keuangan yang berarti. Perusahaan itu mempunyai kurang dari 10 juta dolar berbentuk tunai, mempunyai potensi kurang dari yang diperlukan untuk mengirim mobil yang sudah dijualnya.

Di bulan Mei tahun itu Daimler AG (DDAIF) beli 10 % saham di perusahaan itu dengan harga 50 juta dolar. Utang selanjutnya sejumlah 465 juta dolar dari Departemen Energi di bulan Juni memberikan perusahaan modal kerja yang diperlukan untuk tetap bertahan hidup. Di bulan Agustus tahun yang serupa, perusahaan berpindah ke kantor pusatnya sekarang ini di Palo Alto.

Di tahun 2012 Tesla buka stasiun pengisian daya pertama kalinya, yang disebutkan Superchargers yang berada di California dan sudah berkembang sampai bekerja lebih dari 1.000 di seluruh dunia. Stasiun pengisian ini adalah sarana gratis yang dikasih ke pemilik Tesla, bisa lebih cepat dibanding memakai stopkontak biasa.

Pada 2013 Tesla Motors mendapatkan keuntungan pertama kalinya, dan tahun selanjutnya Tesla umumkan pembukaan Gigafactory di Nevada. Gigafactory ialah sarana tempat Tesla yang diutamakan untuk pengerjaan baterei Tesla Motors.

Bersamaan bertumbuhnya Tesla Motors. Pada 2015 Tesla mempunyai pengembangan baru yakni berbentuk produk energy surya yang direncanakan bisa memberikan energy untuk rumah lewat baterei yang bisa diisi ulangi. Pada 2017 ‘Tesla Motors’ mengganti namanya jadi ‘Tesla Inc’ untuk menujukan jika mereka saat ini bukan hanya konsentrasi di industri mobil listrik tetapi lebih konsentrasi pada perubahan tehnologi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *